Review/preview - Issue - News - Comments - Mind words

Sunday, December 14, 2008

N97 vs 5800 ExpressMusic

Lagi-lagi Nokia merilis ponsel yang identik dengan seri yang berbeda dan segmen berbeda. N97 muncul sebagai penerus hegemoni N95 yang begitu sukses dipasaran. Sedangkan 5800 ExpressMusic pun mengekor keberhasilan keluarga ExpressMusic. Tidak ada yang berbeda pada spesifikasi kedua ponsel ini, kecuali form factor yang terlihat pada adanya Navy whell ciri khas seri-N pada N97. N97 menggunakan keyboard qwerty yang tersembunyi secara slide samping, sedangkan 5800 hanya mengandalkan touchscreen.
Menggunakan edisi Symbian s60 3rd edition feature pack 4. Dengan dukungan fitur-fitur terkini dan sokongan layar sentuh 16 juta warna. Ada hal-hal yang menjadi andalan alias killer application, tapi banyak pula yang menjadi mubazir dan prematur untuk pasar Indonesia.

Sebagai ponsel multi media, sah-sah saja mengusung form factor apapun. Tapi ketika segmen yang dituju adalah anak muda pecinta musik, sepertinya berlebihan sekali jika menggunakan form factor seperti 5800 ExpressMusic. Orang hendak mendengarkan musik tidak mau dipersulit dengan begitu banyak jalan berliku untuk mengakses fitur yang ada.
So, melihat apa yang sudah ada dipasar kita. N97 menjadi penyempurna N95 dan N96. Sedangkan 5800 ExpressMusic hanya replika N97 dengan embel-embel ExpressMusic.
Dan sepertinya keduanya harus berjuang keras untuk merebut hati konsumen, mengingat penyempurnaan yang ditawarkan Nokia pun masih setengah-setengah (seperti biasanya). Untuk melihat spesifikasi lebih lengkap, klik link dibawah :

No comments: