Review/preview - Issue - News - Comments - Mind words

Sunday, January 04, 2009

Twilight : Romeo & Juliet di dunia vampir

Film produksi Hollywood ini sedang beredar di bioskop2 ternama di Indonesia, terutama waralaba dari 21 dan Blitz Megaplex. Twilight the movie. Diangkat dari novel karya Stephani H Meyer, dengan judul yang sama.
Dengan modal poster kelam berisi pasangan berpose romantis, anda akan segera berasumsi bahwa sang pria adalah seorang drakula alias vampir. Bibir yang merona merah dan sorot mata khas drakula.
Anda benar ! film ini memang berkisah tentang vampir. Tapi anda akan kecewa jika berharap film nya akan semenegangkan Bram Stoker's Dracula atau Interview with vampire, Film ini pun tidak banyak aksi laga seperti Blade, Underworld, Van Helsing, The queen of the damned atau film drakula lainnya.
Berkisah tentang sejarah Isabella Swan, seorang gadis biasa hingga kemudian menjadi seorang drakula. Adegan flash back menjadi inti cerita. Jika anda pernah menonton film Titanic, seperti itulah kemasan scene-nya.
Edward Cullen adalah pemuda misterius yang merahasiakan jati dirinya sebagai vampir (lupakan bahwa drakula takut pada sinar matahari, kaca, salib maupun bawang putih - karena dalam cerita ini hal2 seperti itu tidak dibahas).
Adalah cinta terlarang diantara manusia dan drakula. Rahasia Edward yang akhirnya diketahui Isabella, dan kemudian keduanya justru saling memadu kasih. Mereka terlupa akan perjanjian tentang pembatasan jarak antara manusia dan yang bukan manusia. Bahaya mengancam Isabella sehingga dia harus mencari tempat aman untuk bersembunyi dari incaran vampir lain yang berjenis man-eater (bukan penghisap darah, tapi pemakan manusia). Ialah James yang berambisi untuk menjauhkan Edward dari Isabella. Masalahnya ambisinya berubah menjadi tujuan mencari mangsa.
Isabella yang terluka dalam pelariannya dari James, harus mendapat pertolongan darurat supaya tidak tewas kekurangan darah. Dengan cara apalagi selain menjadikan Isabella sebagai makhluk immortal, menjadi drakula seperti Edward.
Analogi cerita yang hampir serupa dengan kisah cinta karya William Shakespeare : Romeo & Juliette. Tentang kisah cinta yang terlarang oleh kedua kubu yang berseteru (sejak kapan manusia berdamai dengan drakula?). Hingga akhirnya kehidupan abadilah yang menyatukan mereka.
Cerita ini memang tidak dikemas dalam horor menegangkan karena novelnya pun begitu. Tapi cerita ini juga kurang romantis karena lebih dalam membahas sejarah Isabella menjadi drakula, bukan kisah cintanya dengan Edward.
Mungkin anda akan teringat dengan film The Covenant yang memiliki genre hampir sama (tapi The Covenant banyak bumbu aksi laga dan thriller-nya).
Tapi, film ini termasuk kategori film yang bagus dan menarik bagi saya, karena dari film ini menawarkan situasi lain di dunia vampir. Bukan hanya sekedar darah, kematian dan ketakutan. Situasi berbeda yang dulu pernah ditawarkan Interview with vampire yang mencoba membiaskan fenomena virus HIV.
Tonton film ini, nikmati suasana berbeda yang ditawarkan film ini. Keren abis !!
Bagi yang tertarik membaca novelnya, anda akan menemukan sekuel2 dari cerita Twilight. Seperti : New moon, Eclipse dan Breaking dawn.
Sumber : Nonton filmnya dong, dan juga sinopsis Twilight

No comments: