Review/preview - Issue - News - Comments - Mind words

Tuesday, January 20, 2009

What's new Windows 7 ?

Setelah gempar dengan kemunculan Windows Vista, kini konsumen kembali disuguhkan OS terbaru dari Microsoft. Berlabelkan Windows 7 (seven), kenapa dikasih nama 7 ? mungkin kalo ditotal jumlah OS yg dibuat Microsoft sekarang sudah ada 7 (Win 95, Win 98, Win XP, Win ME, Win 2000, Win Vista & Win 7). He he he, itu sih cuma asumsi picik aja.
Lalu apa yang ditawarkan dari Windows 7 mengingat betapa hebat dan beratnya Windows Vista (Sorry, Mr. Bill Gates ... My PC is not quite faster to run that OS).
Seperti ketika Win ME pertama muncul di pasaran, orang2 langsung beranggapan bahwa OS tersebut adalah jembatan alias kompromi untuk user yg menginginkan OS lebih fleksibel tapi tidak semahal Win XP. Jadi, mungkin itu salah satu alasan logis Microsoft merilis Windows 7. Sebuah kompromi antara Windows XP dan Windows Vista.
Kita mungkin ingat bahwa proyek Longhorn milik Microsoft yg gak jelas terlempar ke antah berantah. Tapi itu adalah proyek evolusi, seperti Intel yang selalu melempar versi Celleron lebih dahulu sebelum melempar edisi Pentium-nya.
Ada banyak kesamaan antara Windows 7 dengan Windows Vista, dan juga tidak banyak yang berubah dari Windows XP. Tapi sebagai sebuah produk revolusi, Windows 7 tetap mempunyai fitur lebih oke. Dengan kata lain, OS ini adalah Win XP dengan UI ala Vista. Ini sangat berarti bagi user biasanya ingin memberi tampilan terkini dengan plug in atau Shell replacement (saya juga sudah banyak memasang plug in supaya PC kuno saya jadi mirip Vista, Buat yang tertarik bikin enhancements desktop PC bisa download beberapa software dari Softpedia).
Side bar pada Vista diadaptasi dalam gadget2 bertebaran, address bar ala Vista yang bikin gampang eksplorasi PC ada disini, dengan alokasi storage untuk sistem hanya 1 gb, sebanding dengan XP tapi jauh lebih kecil dibanding Vista. Nah, buat yang demen main di dunia wireless, Windows 7 kayaknya pas banget dengan kemudahan yang ditawarkan.
Tentang kecepatan proses, karena lebih ringan otomatis Windows 7 lebih baik daripada Vista.
Dan yang paling membuat para pekerja depan komputer yang kadang sembarangan meletakkan file untuk disimpan, Windows 7 memberikan fitur Library untuk sortasi file. Keren !!!
Toh, pilihan menggunakan OS kembali di tangan para user. Vista is great, but 7 is fine. But saya, kayaknya masih betah di XP dulu deh, kasian nih PC (dari jaman jebot sampe sekarang masih setia menemani). Buat para pengguna Mac ato Linux, kayaknya renovasi yang ditawarkan Microsoft gak keren2 banget ya ? toh di OS Mac, fitur2 seperti itu sudah ada dari jaman purbakala.
Ada beberapa link2 bagi yang ingin mencicipi Windows 7 ( saya sendiri belum mencoba, maklum bandwith kecil). Tapi saya sarankan untuk tidak memanfaatkannya meskipun gratisan dan mungkin sebentar lagi bakal dihapus, mungkin berupa trial alias demo ato bajakan. Dan yang namanya ilegal itu melanggar hukum. Jadi saya tidak berniat menampilkan disini. Kalo situ ngebet banget, coba aja googling sendiri.

No comments: