Review/preview - Issue - News - Comments - Mind words

Thursday, January 01, 2009

Happy new year 2009

Hari ini adalah hari pertama di tahun 2009. Mungkin belum ada perubahan yang mencolok pada setiap umat manusia di dunia ini, kecuali umur yang bertambah (itu pun tidak kasat mata), dan tentu saja kalender baru.
Setiap orang biasanya punya resolusi tersendiri menyambut datangnya tahun baru dalam hidup mereka. Apa itu resolusi ? Secara terminologi "Re-" berarti Kembali, sedangkan "Solusi" bermakna Jalan keluar. Lalu apa maksud etimologi dari Resolusi tersebut ? Saya bukan pakar bahasa yang bisa menjelaskan dengan baik dan benar sesuai makna sebenarnya. Toh, kata tersebut sepertinya adalah hasil serapan atau adaptasi dari bahasa luar, Resolution.
Menurut saya Resolusi adalah kembali mencari jalan keluar dari masalah2 yang sebelumnya ada dan belum dapat diselesaikan, dalam hal penyambutan tahun baru - berarti masalah2 tersebut sudah ada sejak tahun sebelumnya, dan di tahun yang baru ini adalah saat untuk menemukan jalan keluar menyelesaikan masalah2 tersebut.
Contohnya: Tahun 2008 yang lalu saya belum punya pekerjaan tetap yang mapan, belum punya pacar, pokoknya masa depan seolah terlihat suram banget (tragis sekali, hiks...). Maka di tahun 2009 ini saya memiliki tujuan resolusi yaitu mendapatkan pekerjaan tetap yang lebih mapan, ikhtiar mencari jodoh yang dijanjikan oleh Allah SWT, dan tentu saja membuka gelap mencari cahaya untuk mencerahkan masa depan saya dengan tawakal, sabar dan ikhlas (ehm, lumayan juga jadi pendakwah kan?)

Jadi apa resolusi kamu di tahun 2009 ini? tentu saja harapan yang lebih baik daripada tahun kemarin.
Dan disini saya ingin mengutarakan resolusi saya untuk tahun 2009 ini:
1. Saya akan berusaha lebih mendekatkan diri pada Allah SWT, menjauhi jilatan api neraka. Shalat saya yang bolong2, harus segera ditambal dan disempurnakan.
2. Saya akan lebih bertawakal untuk memperbaiki jalan hidup saya yang belum teratur, meskipun takdir hidup di dunia sudah ditentukan - pilihan tetap ditangan saya.
3. Sebagai yatim piatu baru, saya harus lebih bisa mengemban amanat yang ditinggalkan kedua ortu. Bukan sekedar menjadi orang yang bermanfaat bagi nusa bangsa dan agama, tapi juga menjadi anak soleh yang senantiasa mendoakan kedua ortu agar selamat dan diterima di sisi Allah SWT. Amiin !!!
4. Mengenai pekerjaan, saya akan selalu membuka mata, telinga dan insting untuk setiap kesempatan yang ditawarkan sebagai kemapanan dan jaminan hidup ke depan.
5. Tentang cinta, mungkin saya memang tidak dijodohkan untuk CLBK pada mantan kekasih, mungkin dia bukan yang terbaik yang dijanjikan oleh Allah SWT, Tapi usaha tetap boleh kan? Mungkin dalam 'perjuangan' itu, justru akan menemukan 'tulang rusuk kiri' saya yang hilang.
6. Saya pengen berhenti ngerokok (ada yang bisa bantu saya?), selain bikin penyakit kanker (dalam dua pengertian sekaligus), saya sudah tidak menemukan kenikmatan dari kegiatan mudarat tersebut. Tapi saya kesulitan menghilangkannya, karena telanjur terbiasa dan juga sudah menjadi adab aktifitas tangan, meski badan sudah menolak. Somebody please help me...
7. Dan yang ini berhubungan dengan blog ini, saya berharap dan akan terus berusaha supaya blog saya ini lebih berguna, untuk saya dan untuk kalayak umum. Komunitas banyak, Page rating naik, dapat penghasilan (hehehehe...)
8. Terakhir tapi bukan pilihan terakhir, saya akan berusaha dengan segala daya dan upaya untuk mewujudkan semua resolusi diatas.
Ah, nggak terasa umur sudah bertambah, sisa waktu hidup di dunia semakin berkurang. Kalau tidak menjadi makhluk lebih baik, mau jadi apa saya ?
Rata Penuh

No comments: